rikinnovation

Sebuah alat penangkap tikus yang memanfaatkan kepraktisan energi listrik sebagai daya utama yang cukup kuat serta menerapkan prinsip hemat energi dan ramah lingkungan dalam pembuatannya. Dalam pembuatan alat ini kami melakukan analisa terhadap perangkat yang dipakai, sumberdaya, dan keunggulan sistem. Untuk dapat menghasilkan alat penangkap tikus berbasis elektrik yang dapat bekerja sesuai harapan, yakni efektif dalam membunuh tikus, hemat energi, ramah lingkungan serta aman, maka diperlukan perencanaan desain dan sistem kerja alat yang efektif dan maksimal.

Alat menggunakan komponen-komponen yang cukup sederhana sehingga mudah untuk dibuat, efektif, dan mampu untuk dipasarkan secara komersial. Komponen alat yang di gunakan mayoritas adalah barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai seperti; plat konduktor, papan kayu, dan kabel bekas. Dalam pembuatanpun hanya menggunakan peralatan rumah tangga yang mudah ditemukan.

Keunggulan dibanding perangkap tikus konvensional

Beberapa keungulan dari alat perangkap tikus berbasis elektrik ini adalah sebagai berikut:

  1. Alat ini sangat ramah terhadap lingkungan karena tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat merusak kesehatan dan lingkungan;
  2. Alat ini sangat mudah digunakan karena hanya menggunakan komponen-komponen yang sederhana. Dengan pemberian label cara pemakaian pada permukaan perangkap tikus ini maka akan sangat mempermudah untuk dipahami dan dipakai oleh pemakai pemula;
  3. Perangkap tikus ini menggunakan daya listrik rumahtangga 220 Volt sebagai sumber daya utama, sehingga kami yakin bahwa perangkap tikus ini adalah perangkap yang tingkat efektifitasnya sangat tinggi untuk membunuh tikus.
  4. Alat ini sangat sederhana sehingga alat ini sangat mudah dibuat dan prospek untuk dipasarkan secara komersial juga sangat tinggi.
  5. Untuk ukuran alat seefektif, seaman, dan ramah lingkungan, alat ini relatif terjangkau secara ekonomi sehingga konsumen akan sangat antusias terhadap perangkap tikus berbasis elektrik ini.

Proses Pembuatan

Pada tahap ini akan membuat rancangan alat berdasarkan referensi literatur  dengan memberikan inovasi agar alat yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria yang diinginkan. Perancangan sengaja dibuat sesederhana mungkin. Sistem yang dibuat harus dapat melebihi performa penangkap tikus konvensional. Perancangan yang di lakukan adalah memulainya dengan gambar tangan yang selanjutnya digambar melalui photoshop CS 5.

 Untitled

Gambar 1: Gambar rancangan Perangkap tikus

Pada gambar tersebut terlihat bahwa komponen penyusun hanyalah alat-alat yang sederhana dan mudah didapatkan di daerah perumahan. Bahan-bahan yang kami pakai untuk membuat alat perangap tikus ini diantaranya:

1. Papan triplek

Bahan ini sangat mudah ditemukan. Kegunaannya adalah sebagai alas alat. Selain sebagai alas, papan ini juga berfungsi sebagai pengaman kabel yang ada pada alat ini. Penggunaan papan juga dapat diganti dengan bahan lain yang memungkinkan.

2. Seng atau Plat Konduktor

Seng atau Plat Konduktor yang di gunakan adalah komponen dengan kemampuan konduktor yang baik, plat konduktor ini sebenarnya dapat diperoleh dari bekas kaleng  biscuit yang biasanya dibuang. Jika benda ini dibuang dapat merusak lingkungan karena bahan logamnya yang kuat, maka kami memutuskan untuk memanfaatkan alat ini sebagai salah satu bahan penyusun alat perangkap tikus.

3. Kabel listrik

Kabel listrik yang kami gunakan adalah kabel listrik bekas peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai. Fungsi dari kabel ini adalah sebagai penghubung alat dengan sumber listrik.

4. Bel

Bel yang di gunakan adalah bel sederhana dengan merek Koino. Bel ini cukup sederhana, sangat mudah ditemukan, dan murah. Harga dari bel ini berkisar antara Rp 25.000,- sampai Rp 30.000,-. Bel ini cukup keras bila dibunyikan, ketika kita memasang alat ini dan kita tertidur maka saat ada tikus yang terperangkap kita pasti akan bangun karena suara bel yang sangat keras.

5. Botol minuman mineral

Botol minuman mineral ini berfungsi sebagai pelapis bagian luar alat, tujuannya adalah sebagai system keamanan. Jika alat terpasang tanpa pengaman pada bagian atasnya maka akan sangat berbahaya, maka dari itu diperlukan bahan yang transparan untuk menutup alat ini. Tujuan menggunakan bahan yang transparan adalah agar orang yang lewat mengetahui dan tidak menginjak alat ini.

6. Peralatan tambahan

Peralatan tambahan yang kami pakai dalam proses pembuatan adalah alat-alat rumah tangga yang mudah ditemukan. Diantaranya yaitu:

  • Baut
  • Obeng
  • Gergaji
  • Tang
  • Gunting
  • Tespen
  • Sumber listrik PLN

Cara Kerja

Gambaran kasar mengenai sistem kerja yang telah di buat adalah sebagai berikut:

  1. Perangkap tikus dihubungkan ke sumber listrik rumah tangga, misalnya ke stop kontak PLN setelah sebelumnya alat telah diberikan umpan di dalamnya.
  2. Pada tahap ini, listrik belum mengalir karena lempengan logam belum menyentuh satu sama lain.
  3. Pada saat tikus datang dan menginjak lempengan logam, lempengan logam akan saling menyentuh sehingga aliran listrik mengalir melewati lempengan logam dan melewati tubuh tikus.
  4. Listrik yang melewati tubuh tikus akan membunuh tikus tersebut.
  5. Setelah listrik mengalir maka bel yang terpassang akan berbunyi, sehingga pengguna dapat mengetahui bahwa tikus telah terjebak dan bisa membuangnya ke tempat yang seharusnya.

Contoh rangkaian secara sederhana:
rikinnovation

HATI-HATI HARUS DALAM PENGAWASAN!
Segala bentuk kecelakaan ditanggung sendiri-sendiri oke.. :)

About these ads